Senin, 31 Desember 2012

Komunikasi Data - MANAJEMEN JARINGAN (lanjutan)

MANAJEMEN JARINGAN (lanjutan)


1. Mengelola Sistem·       Mengelola sumber daya è komputer seperti duplikasi data, instalasi perangkat lunak, konfigurasi aplikasi, optimalisasi memperbaiki kinerja sistem.
·       Manajer jaringan è kemampuan secara teknis & kemampuan dalam membina hubungan, akan dapat mensukseskan pekerjaan.
·       Jika jaringan è sangat besar sekali, pihak manajemen è bertanggungjawab untuk membaginya kedalam beberapa tim, jaringan komputer akan menjadi baik jika pengelolaannya juga baik.
·       Manajer jaringan yang baik mempunyai tanggungjawab antara lain:
a. Understand The System·       Manajer è terlibat dalam proses perencanaan jaringan, sebelum memilih jaringan yang akan di instal.
·       Melibatkan manajer dalam tapahan awal perencanaan akan membantu proses instalasi dan konfigurasi sehingga akan berlangsung dengan lancar.
   · Manajer baru è membutuhkan waktu yang cukup untuk mempelajari sistem yang telah berjalan. Jangan berasumsi bahwa dengan pengalaman terhadap sistem yang sama, yang telah dimiliki oleh manager tersebut dapat dijalankannya tanpa kehilangan irama.
Setiap jaringan è ciri-ciri yang unik dan keistimewaan serta beberapa pengguna yang unik pula. Untuk memahami sistem, seorang manajer yang baik dibutuhkan dua hal.    ·   Setiap jaringan è ciri-ciri yang unik dan keistimewaan serta beberapa pengguna yang unik pula. Untuk memahami sistem, seorang manajer yang baik dibutuhkan dua hal: pengalaman teknis (yang didapatkan dari pelatihan formal) dan pengetahuan yang didapatkan dari pengalaman sehari-hari.b. Maintain Backups    ·      Backup data selalu tersedia è suatu hal yang tidak dapat disangkal lagi è pekerjaan seorang pengelola jaringan (network administrator) yang terpenting.
     ·    Suatu perusahaan è melakukan penggantian perangkat keras, perubahan perangkat lunak, mempekerjakan pegawai baru, dan mempekerjakan seorang manajer baru.
      ·    Tetapi jika perusahaan kehilangan data dan tidak ada backup è akan kehilangan bisnisnya atau mulai dari awal kembali.
·       Banyak LAN menggunakan sistem otomatisasi backup pada waktu yang telah ditetapkan. Sistem backup automatis è banyaknya data yang tersimpan di dalam jaringan, dengan sistem tersebut dapat dimungkinkan backup pada lalulintas jaringan tidak tinggi.
·       Ada beberapa tipe system otomatisasi backup; sistem RAID yang mana menyimpan backup data ke dalam beberapa hardisk.
·       Beberapa jaringan menggunakan server khusus untuk mengambil dan menyimpan data. Tape backup ada media yang banyak digunakan untuk menyimpan backup data.
·       Kelebihan menggunakan backup tape, dapat disimpan secara off-site yaitu pada lokasi yang berbeda / berjauhan.
·       Off-site sangat efektif dan merupakan suatu strategi untuk menghindari kebocoran pada pipa air juga kebakaran.
·       Beberapa sistem file yang perlu dibackup adalah:
¨   Security Files (such as access-rights information files)
¨   Directory Structures
¨   Login Script Files
¨   User Informations Files
¨   Workgroup Information Files
¨   Workstation Configuration Files
¨   Maintain Security
·                   Beberapa tipe backup     :
¨   Full Backup
¨   Incremental Backup
¨   Differential Backup
c. Maintain The System Log       ·     Sistem log èfakta untuk mengerti kondisi sistem dan jaminan untuk menanggulangi kesalahan sistem.
·       Beberapa unsur dasar pada sistem log adalah;
¨   Hardware Spesifications
¨   Boot Files
¨   Directory Structure
¨   User Profiles
¨   System Login Scripts
¨   Configuration Diary
·       Sistem log yang baik è dapat mengurangi waktu dan biaya, jika masalah timbul.
d. Evaluate And Maintain Applications·       Setiap workstation è jaringan mewakili para pemakai, sangat penting memperhatikan konsistensi antarmuka workstation dan mudah untuk digunakan sebisa mungkin.
·       Hal tersebut è dikerjakan dengan menjalankan aplikasi yang digunakan oleh seluruh pemakai è kemampuan pengaturan berdasarkan keinginan / kebiasaan pemakai.
·       Beberapa hal è dalam mengevaluasi aplikasi yang akan diinstal dalam jaringan:
¨   Compatibility
Support for Simultaneous Users
Referensi :Materi Komunikasi Data STMIK Raharja Tangerang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar